gaby mustika

MANAJEMEN DAN ORGANISASI


Pengertian organisasi menurut Stoner adalah suatu pola hubungan – hubungan yang melalui mana orang di bawah pengarahan manajer ,untuk mencapai tujuan bersama.oleh karena itu dalam mendirikan suatu organisasi di butuhkan seorang manajer yang mampu menjadi “DECISSION MAKER and PROBLEM SOLVING AND CONTROL”,seorang manajer yang baik adalah seorang manajer yang mempunyai ketiga sifat tersebut.
Selain seorang manajer yang harus memilki ketiga sifat tersebut diperlukan pula suatu manajemen yang baik ,jujur ,dan harus dilakukan dengan mempergunakan cara-cara yang rasional agar tercapainya suatu tujuan bersama yang diingankan,karena pada hakikat nya Manajemen merupakan proses kegiatan seorang manajer. Dengan begitu sangat jelas bahwa manajemen dan organisasi sangat berhubungan satu sama lain.karena jika hanya organisasi saja tanpa adanya manajemen tidak akan bisa berjalan dengan baik dan tidak akan dapat mencapai tujuan bersama yang telah ditetapkan melalui kerjasama dengan orang lain di dalam sebuah organisasi tersebut .
            Organisasi ada yang formal dan informal
ü      Organisasi formal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang mengikat diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar serta dengan hubungan kerja yang rasional.
Contoh : persero terbatas ,sekolah ,Negara ,dll.
ü      Organisasi informal adalah kumpulan dua orang atau lebih yang terlibat pada suatu aktivitas serta tujuan bersama yang tidak disadari .
Contoh : arisan , belajar kelompok , kemping ,dll.