gaby mustika

Tuesday, February 15, 2011

Mark Zuckerberg si kreatif pencipta facebook


Mark Zuckerberg  si kreatif pencipta facebook

Dunia saat ini sedang dilanda demam facebook . bayangkan ,dengan facebook ,jutaan orang di pelosok dunia bisa saling berbagi foto, informasi,komentar ,cerita,harapan ,impian,dst.
Hoho, para pengguna facebook pun jadi keranjingan dengan situs tersebut . lalu siapa pencipta facebook ?penciptanya adalah Mark Zuckerberg ,yang baru berusia 27 tahun.berkat facebook kini zuckerberg menjelma menjadi triliyunan termuda.
Gila computer
Zuckerberg lahir di New York ,Amerika Serikat ,14 mei 1984.zuckerberg berasal dari keluarga kaya merupakan anak kedua dari emp bersaudara .ia melewatkan masa kecilnya di kawasan elit Dobbs Ferry, New York . Ayahnya ,Edward zuckerberg berprofesi sebagai dokter gigi .ibunya Karen bekerja sebagai psikiater.
            Sejak usai SD, zuckerberg amat gemar bermain computer . ia tidak hanya asik memelototi aneka game, tapi juga menguasai berbagai program computer . Di samping itu, ia suka sekali mengutak atik software yang ada didalam computer .sebelia itu ia mampu melakukan bongkar pasang computer .
Jenius dan pintar anggar
            Zuckerberg memang anak jenius . disamping di jago computer ,ternyata di bangku SMP pun, ia juga mampu menunjukan bakat nya –bakatnya di bidang lainnya yang tak kalah cemerlang.zuckerberg terpilih sebagai tim matematika sekolah dan masuk dalam tim olimpiade.ia juga tergabung dalam kelompok musik dan menjadi anggota grup penggemar bahasa latin.
            Tak pelak , minat zuckerberg cukup banyak .lebih-lebih ,yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi ( iptek). Namun, tak banyak orang yang menyangka ,bahwa ternyata zuckerberg juga pinter bermain anggar.ia sangat tekun belajar anggar  bahkan giat bertanding untuk mewakili  sekolahnya .
Kreatif mencipta
            Begitu masuk SMA Ardsley ,New York , minat zuckerberg mengerucut keurusan computer .boleh dibilang ,setiap saat zuckerberg hanya memikirkan computer.lain tidak. Setelah pindah ke Philips Exeter academy , New Hampshire, perhatian zuckerberg tetap terfokus terhadap computer.
            Dibangku setingkat SMA itulah, zuckerberg semakin kreatif untuk tak lelah-lelahnya mengutak-atik computer . ia tidak ingin hanya menjadi pemakai computer ,lebih dari itu ,ia ingin jadi pencipta program computer yang hebat . Lulus SMA ,zuckerberg kuliah di Universitas Harvard ,jurusan psikolog .meskipun kulih di psikologi ,minat dan perhatiannya tetap di bidang computer.
Dari facemash ke facebook
            Pda awalnya zuckerberg membuat program synapse ,yaitu program pemutar musik dan sekaligus untuk melacak selera musik pemutarnya. Kemudian zuckerberg membuat program coursematch ,yang memungkinkan para mahasiswa menulis mata kuliah dari situs ini dan melihat teman- teman lain yang mengambil mata kuliah tertentu.
            Dari coursematch ,zuckerberg kemudian menciptakan facemash .dengan program facemash ,zuckerberg bisa mengambil foto teman-temannya yang terdaftar di Universitas Harvard .namun gara-gara program ini ,zuckerberg di hukum dan facemash-nya pun ditutup . zuckerberg tidak putus asa dan terus mengembangkan facemash menjadi facebook.
Triliuner yang tetap sederhana
Karena begitu asik merancang facebook ,sampai-sampai zuckerberg meninggalkan bangku kuliah nya di Harvard .apa boleh buat .dengan cepat facebook pun mendunia .sejak diluncurkannya 4 februari 2004 ,kini tercatat lebih dari 100 juta orang secara aktif menggunakan facebook,termasuk melalui iphone dan blackberry .dan jumlah ini akan terus bertambah dari hari ke hari .
            Berkat facebook ,zuckerberg pun menjelma jadi triliunan termuda. Kini kekayaannya mencapai sekitar 14 triliun rupiah.sehari-hari zuckerberg berkantor di Palo Alto ,California yang menempati beberapa gedung .meskipun kaya raya,zuckerberg ternyata tetap hidup sederhana ,sehari-hari ia tinggal di sebuah apartemen yang biasa-biasa saja .bahkan ia sering berjalan kaki atau bersepeda ke kantor.

Sumber : Majalah bobo .th XXXVI.7 mei 2009

No comments:

Post a Comment