gaby mustika

Monday, February 21, 2011

TELESKOP KEPLER


 Kabarnya , teleskop kepler adalah teleskop terbesar dan berkemampuan tinggi.kalu kita gunakan untuk meneropong langit , kita akan menemukan banyak planet yang ada di alam semesta . gambar –gambar yang dihasilkannya pun sangat jelas dan tajam .
Awal bulan maret , teleskop milik NASA tersebut diluncurkan ke luar angkasa.Teleskop ini akn mengorbit matahari selama 3,5 tahun,dengan mengekor gerak bumi.dalam penjelasannya ,teleskop akan mengarah ke gugusan Cygnus dan Lyra yang diisi dengan 4 juta bintang .di sini ,tugas teleskop kepler adalah mengamati lebih dari 100.000 bintang serupa matahari.Dengan mengamati bintang-bintang itu ilmuwan berharap bisa menangkap kedipan kecil planet yang megitari bintang induknya untuk mencari kemungkinan adanya planet yang “mirip” bumi.
Dengan teleskop canggih ,memang cukup mudah bagi para astronom untuk mengamati bintang-bintang yang bersinar terang .namun, untuk mengamati planet yang ukurannya kecil dan sinarnya lemah ,tentu bukan hal mudah.mski tidak mudah dan perlu waktu lama.para astronom diseluruh dunia tidak pernah putus asa.hingga kini, para astronom telah menemukan lebi dari 300 planet diluar tata surya matahari kita.
Bahkan sebuah satelit penjelajah milik prancis berhasil menemuka sebuah plnet “mirip” bumi yang diberi nama planet corot.planet ini dikatakan “mirip” karena besarnya hamper dua kali bumi dan orbitnya pun tidak jauh dari bintang induknya seperti bumi.
Penemuan planet yang “mirip” bumi menambah semangat para ilmuwan untuk melanjutkan penjelajahan nya keluar angkasa .para ilmuwan yakin teleskop penjelajah kepler aka menemukan banyak sekali planet seukuran bumi.mereka pun baerharap ,diantara planet –planet “mirip” bumi itu ada planet yang memiliki kehidupan seperti di bumi . namun jika planet yang”mirip” bumi hanya sedikit yang ditemukan boleh jadi bumi kita adalah satu-satunya planet yang meiliki kehidupan.


Sumber : majalah bobo no.51,maret 2009

No comments:

Post a Comment